Selasa, 09 Oktober 2018

on Leave a Comment

Apa Itu Penyakit Ginjal Kronis

Apa Itu Penyakit Ginjal Kronis 


Mari mengenal lebih jauh Apa Itu Penyakit Ginjal Kronis yang sebenarnya , semua informasi yang anda butuhkan akan tersaji secara lengkap hanya dirus kami. 

http://tradisionalginjalkronisobat.blogspot.com/


Tentunya anda sadar betul bahwa ginjal ini memiliki peranan atau fungsi yang penting untuk kelangsungan hidup , di bawah beberapa fungsi ginjal di antara nya :

·         Mengatur keseimbangan air di dalam tubuh
Harus anda ketahui jika kadar air yang berlebih di dalam tubuh sangatlah berbahaya , karena akan membuat darah menjadi lebih encer. Jadi air bi buang dari dalam tubuh melalui ginjal, kurang lebih 2 liter setiap hari nya.

·         Mengeluarkan zat yang berbahaya untuk tubuh
Zat yang berbahaya terkadang bisa tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh entah karena dari faktor makanan atau lain nya. Dan jika zat berbahaya tersebut terlanjur masuk ke dalam tubuh maka tugas ginjal lah yang mengeluarkan zat tersebut. Beberapa zat yang berbahaya bagi tubuh seperti , amoniak , bakteri, urea , creatinin dll

·         Mengatur kadar kalium di dalam darah
Kalium , ialah mineral yang mana memiliki fungsi untuk membuat jaringan , sel atau organ tubuh supaya bekerja dengan baik dan sempurna. 

Kalium ini sangat penting bagi tubuh , akan tetapi kadar kalium pun harus terkontrol jangan sampai berlebihan karena sangat berbahaya bagi otot jantung bisa menyebabkan berhenti berdenyut atau hiperkalamia. 

Disinilah peran ginjal dengan cara menyerap dan membuang kadar kalium dalam darah sehingga kadar kalium dalam darah akan tetap seimbang

Itulah beberapa fungsi dari ginjal yang tentunya sangat penting dan kesehatan ginjal ini jangan pernah terabaikan.Salah satu keluhan yang bisa yang bisa menyerang ginjal ini adalah penyakit ginjal kronis.

Penyakit gagal ginjal kronis ialah penurunan fungsi ginjal di bawah batas dari normal atau dapat di definisikan ginjal yang tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya  sehingga mengakibatkan zat zat sisa metabolisme yang seharus di buang malah tetap berada di dalam tubuh. 

Apa Itu Penyakit Ginjal Kronis - Penyakit  ginjal ini biasanya menyerang secara tiba tiba dan pertumbuhan nya bertahap atau lambat  hingga pasien menunjukan gejala parah dan membahayakan kesehatan nya.

Di klaim jika penyakit ginjal kronis ini hanya miliki mereka yang sudah berusi lanjut saja atau berkaitan dengan proses penuaan . 

Di perkirakan 1/5 dari pria dan ¼ dari wanita yang berusia 65-74 memiliki kecenderungan yang lebih kuat untuk terkena keluhan yang satu ini. 

Apa sebenarnya penyebab dari ginjal kronis ini ?
Penyakit ginjal kronis bisa menyerang karena suatu penyakit yang merusak fungsi dari ginjal, sehingga pada akhirnya ginjal rusak , di bawah ini beberapa keadaan yang mengakibatkan penyakit gagal ginjal kronis :

  •  Diabetes tipe 1 atau tipe 2
  •   Penyakit hipertensi
  •  Peradangan pada ginjal
  • Gangguan ginjal polikistik
  •  Terjadinya infeksi ginjal yang berulang
·         Penggunaan obat obatan tertentu dalam waktu yang panjang seperti ibuprofen dan aspirin
Inilah beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal kronis :

  •  Usia , seiring bertambah usia maka dapat meningkatkan resiko untuk terkena penyakit ginjal kronis ini juga akan meningkat
  • Pria lebih beresiko bila di bandingkan dengan wanita
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan lemak
  •  Dll
BACA JUGA

0 komentar:

Posting Komentar